Selasa, 17 Juli 2012

Jangan Curi Kebudayaan Kami Kawan

Entah kesambet apa hari ini, gua nulis dengan tema kebudayaan, iya sih guanya jarang-jarang nulis soal kebudayaan, biasanya kan temanya random. Dengan nulis kebudayaan gua udah kece badai ga nih ya? hha. 

Nah, jadi gini kitakan udah diwarisinin banyak kebudayaan nih karena Indonesia itu terdiri dari berbagai suku dan budaya, dan itu sungguh suatu kebanggan untuk kita buat mewarisinya. Tapi apa dayanya sih? kalau ternyata kebudayaan kita ini sungguh menarik dan indah untuk dinikmati sendiri, saking inginnya negara lain menikmatinya tanpa pandang bulu pun kebudayaan kita dicuri. Bagai maling disiang bolong.

1. Reog Ponorogo
Nah Reog Ponorogo itu adalah salah satu kebudayaan kita dari Jawa Timur, dan ternyata reog itu adalah namanya tariannya, sedangkan Ponorogo adalah tempat lahirnya kebudayaan ini. Nah Tarian ini sendiri biasanya dibawakan dua hingga tiga orang yang biasanya dipentaskan pada acara-acara seperti pernikahaan, khitanan, dan hari besar nasional.

Tarian ini sungguh unik loh makanya dunia luar tanpa segan-segan mengklaimnya, hhe.






2.  Tari Pendet
Nah ini namanya tari Pendet gaes, tarian ini berasal dari Bali. Tarian ini biasanya diperagakan di Pura oleh umat Hindu, gerakannya tarian yang elok ini pun yang menyebabkan diklaimnya tarian ini.

Nah ini namanya tari Pendet gaes, tarian ini biasanya diperagakan di Pura oleh umat Hindu, gerakannya tarian yang elok ini pun yang menyebabkan diklaimnya tarian ini.

3. Tari Tor-Tor
Eh salah.
Tor-tor itu adalah tradisi yang dipertontonkan di upacara-upacara adat tertentu seperti kematian, selamatan panen dan pesta awal tahun, jadi tortor itu berasal dari budaya yang lahir sama dengan lahirnya kebudayaan suku Batak.

Nah, saking indahnya kebudayaan kita ini pun diklaim lho. Wah, apa kalian tau gimana tari tor-tor ini? 




Nah itu dia tiga kebudayaan yang pernah diklaim dunia luar. Baiidewey ya, karena pengklaiman ini gua liat tiba-tiba aja anak-anak Indonesia jadi cinta kebudayaan, iya tiba-tiba gitu. Yakan gua bingung, kok pas kebudayaan kita dicuri tiba-tiba pada koar-koar, pas belum diklaim malah ga dipeduliin. Kenapa ya?

18 komentar:

  1. bener tuh,

    kita harus mulai dari diri kita sendiri dulu!!

    kenapa setelah diklaim kita marah??

    HARUSNYA KITA MELESTARIKANNYA
    sebelum diklaim!!

    BalasHapus
  2. benar! nah, sekarang kan udah tahu kalau budaya kita banyak yang dicuri... mendingan kita langsung menjaga dan melestarikan serta mempromosikan juga mematenkan budaya kita daripada cuma berteriak "jangan curi budaya kami"

    BalasHapus
  3. Betul setuju sama Han chaniago! XD
    tapi baru tau kalo tari Pendet juga di klaim ya? ._.

    BalasHapus
  4. sebenarnya ada hikmahnya kebudayaan kita diklaim oleh negara lain... setidaknya itu membuat kita lebih aware dan lebih care dengan kebudayaan kita sendiri...

    BalasHapus
  5. semoga dengan banyaknya pengalaman seperti ini kita jagi sadar akan pentingnya tanggung jawab untuk menjaga itu semua..

    BalasHapus
  6. yaaah mau gimana lagi bang ..
    kita yang punya aja gak pernah peduli -_-"
    kenapa harus marah , kalo gue sih malu bang mau marah2 ..
    gue mau marah2 gimana ? nari tor tor aja gak bisa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia..
      gue juga ga bisa nari tortor, pendet. ngapain marah ?

      Hapus
  7. kita masih kurang care sama kebudayaan sendiri, malah lebih (mungkin) mendewakan budaya asing. Mungkin itu juga salah satu penyebab kebudayaan Indonesia mau diklaim :D

    BalasHapus
  8. Yuk ah bangun benteng biar gak keulang lagi kejadian beginian...
    ( >__O)b

    BalasHapus
  9. bener banget, jadi tamparan kuat juga buat kita penduduk indonesia. bahwa kita harus melestarikan budaya kita sendiri agar tak dicuri oleh orang lain :)

    BalasHapus
  10. hahaha foto tari tor-tornya mendadak aneh gitu :)

    BalasHapus
  11. Sebagai jiwa muda, ayooo kita lestarikan budaya kita, daripada sibuk2 ngomentarin anak alay. Nice post :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, daripada ngomentarin anak alay, mendingan komentar disini aje ? iyakan ?

      Hapus
  12. ini baru dua diantara sekian banyak -__-

    BalasHapus
  13. Salam kenal ya...

    Kunjungan perdana nih...

    Javas follow blognya ya...

    ditunggu follbacknya.

    Thank you

    www.ajavasisme.com

    BalasHapus
  14. bener sih ..
    tapi kenapa pas sebelum ada yang mencuri kita tidak perduli dengan budaya kita ? kenapa pas baru dicuri baru kita sibuk ? #Absurd #AdamSokBijak :v

    adamhasnan.com

    BalasHapus
  15. hehehe, lucu tuh tari tor2nya kalau itu yang nari entar masuk hollywod toh :)

    BalasHapus
  16. Kesenian Indonesia yang udah langka sekarang, Batik. Ah, mari jaga mari! ._.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar yang baik dan benar.